Tirakat untuk Jokowi, Walikota Solo Puasa Seharian di Kamar Bung Karno

Tirakat untuk Jokowi, Walikota Solo Puasa Seharian di Kamar Bung Karno

SOLO – Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden Jokow-JK, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo akan menggelar tirakat puasa sehari penuh.

Ritual puasa akan dilaksanakan di dalam ruang kamar bekas tempat tidur Bung Karno di Lodji Gandrung, rumah dinas walikota. Rudy, sapaan akrab walikota mengungkapkan, nanti sebelum melaksanakan puasa terlebih dahulu akan dilakukan doa bersama dengan enam pemuka agama yang ada di Solo.

“Nanti malam (malam ini) sekitar pukul 20.00 akan ada umbul doa bersama pemuka agama dari enam agama dan kepercayaan. Setelah itu akan digelar lantunan tembang gamelan. Baru kemudian malamnya sekitar pukul 00.00 saya akan berpuasa di kamar Bung Karno,” ujarnya, Minggu (19/10/2014).

Disebutkan usai pelaksanaan doa bersama juga akan diadakan potong tujuh tumpeng. Satu diantara tujuh tumpeng tersebut ada satu tumpeng khusus yang disebut tumpeng Kendit.

Tumpeng ini sengaja disajikan sebagai bentuk harapan agar Jokowi kelak bisa memimpin negara secara baik merangkul semua elemen masyarakat dan mensejahterakan Indonesia.

“Nanti kita juga undang dari kalangan partai PDIP temen-temen SKPD dan masyarakat yang mau ikut silahkan,” ungkapnya.

Rudy menyebut untuk persiapan melaksanakan tirakat puasa ini, dirinya mengambil izin untuk libur cuti dari tugasnya sebagai walikota selama sehari besok.

“Puasanya kan sampai besok sore, supaya khusyuk saya cuti sehari, demi untuk kelancaran tirakat ini,” tandasnya.

Sumber