Sukmawati Dukung Sikap Jokowi Terkait UU Pilkada

Sukmawati Dukung Sikap Jokowi Terkait UU Pilkada

KANDIDAT kuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Kabinet Trisakti Jokowi-JK, Sukmawati Soekarno Putri, menegaskan dukungannya terhadap sikap Presiden RI terpilih Jokowi terkait dengan disahkannya UU Pilkada oleh DPR-RI baru-baru ini. Sebagai seorang putri Bung Karno yang sangat paham politik bangsa ini dan ditambah dengan pengalaman sebagai Ketua Umum PNI Marhaenisme di era reformasi. Sukmawati sangat memahami perasaan rakyat Indonesia yang merasa haknya dirampas oleh Koalisi Merah Putih yang dipimpin Prabowo Subianto. Demikian diungkapkan Sukmawati di Jakarta di sela-sela diskusi politik elite nasional.

“Saya kecam perilaku parpol antireformasi yang mengkhianati komitmen reformasi Indonesia. Pilkada langsung adalah wujud dari perjuangan rakyat setelah 32 tahun dipimpin oleh Soeharto. Ini baru berjalan 10 tahun kok mau diganggu lagi? Ibu tidak setuju dengan sikap Koalisi Merah Putih. Rakyat Indonesia harus melawan mereka, catat dan ingat jejak parpol-parpol mbalelo ini. Saya dukung Jokowi melawan ketidakadilan ini,” ungkap Sukmawati Soekarno.

Ia pun menyatakan agar parpol direvolusi mental dan juga komponen rakyat Indonesia untuk tidak menyerah.┬ákarena masih ada jalan untuk merebut kembali kedaulatan rakyat. “Saya minta semua pihak siapkan diri untuk yudicial review ke MK. Atau Jokowi siapkan revisi usulan UU Pilkada ini lewat Menteri Dalam Negeri yang baru. Saya masih yakin, kebenaran akan menang,” ungkap adik kandung Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri ini.

Terkait kabinet yang sedang disusun, ia optimis mengingat komunikasi yang baik telah dijalankan antara DPP PNI Marhaenisme dengan Presiden terpilih RI. Ia berharap agar di pemerintahan Jokowi nanti, memprioritaskan revolusi mental sebagai wujud perjuangan rakyat semesta Indonesia. “Saya siap mendukung program Nawa Cita Jokowi di kabinet. Saya juga mendukung nama Kabinet Trisakti yang memang digagas untuk mengingatkan cita-cita Bung Karno. Saya harap Jokowi mampu menegakkan kedaulatan rakyat di segala bidang, termasuk dunia pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkap Sukmawati yang juga Pembina The Sukarno Center ini.

Lalu apa cita-citanya untuk bisa berkiprah di kabinet? “Kami keluarga Bung Karno sudah membagi tugas. Siapa yang ada di eksekutif, siapa yang berjuang di legislatif dan siapa yang akan menjaga ideologi di partai. Antara putra-putri Bung Karno dan┬ácucu-cucu Bung Karno semua berkomitmen untuk menjaga ideologi rakyat, kebetulan sebagian besar ada di bidang politik. Ya… saya harap, saya bisa diberi kesempatan untuk menjaga ideologi bapak (Bung Karno) dan mendampingi Presiden Jokowi nanti di kabinet. Sekali lagi untuk menyelesaikan revolusi yang tertunda,” ungkap Sukmawati Soekarno. (ad6)