Seluruh Pimpinan Komisi Resmi Dikuasai KMP

Seluruh Pimpinan Komisi Resmi Dikuasai KMP

Jakarta: Setelah kemarin sempat ditunda, pimpinan komisi V DPR akhirnya ditetapkan hari ini. Fary Djemi Francis dari Fraksi Partai Gerinda terpilih sebagai ketua komisi yang membidangi sektor perhubungan, telekomunikasi, pekerjaan umum, perumahan rakyat dan pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal tersebut.

Fary akan dibantu oleh tiga orang wakil yang terdiri dari Muhidin Mohamad Said (Golkar), Michael Watimena (Demokrat) dan Yudi Widiana Adia (PKS). Unsur pimpinan Komisi V semuanya berasal dari fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto yang memimpin sidang mengatakan bahwa tugasnya untuk memimpin rapat pemilihan pimpinan beberapa komisi sudah selesai. “Alhamdulillah semuanya di bawah kordinasi saya yakni Komisi IV, V, VI, dan VII sudah selesai semua dengan lancar,” ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Dengan tuntasnya pemilihan ketua komisi V, maka seluruh komisi di DPR telah memiliki pimpinan. Kursi pimpinan di semua komisi dikuasai KMP. Posisi ketua dan wakil ketua dibagi rata kepada seluruh fraksi-fraksi di KMP. Selain komisi, pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) juga dikuasai koalisi pendukung Prabowo-Hatta. Kecuali Badan Anggaran (Banggar) yang hingga kini pemilihan pimpinannya belum rampung. Sama seperti komisi, komposisi pimpinan di seluruh AKD juga terdiri dari kader-kader fraksi di KMP.

Sumber