Pemerintah Keluarkan Larangan Rapat di Hotel

Pemerintah Keluarkan Larangan Rapat di Hotel

Jakarta: Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan instruksi bagi kementerian dan lembaga untuk menghentikan pelaksanaan rapat kementerian di hotel. Instruksi dikeluarkan demi melakukan penghematan anggaran.

“Kita harus tekan defisit dengan membatasi biaya yang tidak perlu termasuk rapat di hotel,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Kompleks Istana, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Kamis (6/11/2014) kemarin.

Instruksi itu meminta pejabat pemerintahan melakukan rapat di gedung atau fasilitas yang ada di kementerian tersebut. Kalla menyebutkan, setiap kementerian saat ini sudah mempunyai ruangan yang cukup untuk melakukan rapat maupun pertemuan dengan maksimal peserta 100 orang.

“Tapi kalau hanya 100 orang tidak perlu dilakukan di hotel atau gedung pertemuan,” imbuh dia.

Kecuali, tambah Kalla, apabila kementerian atau lembaga tersebut tidak memiliki fasilitas yang menampung orang dalam jumlah yang besar. Ia mencontohkan rapat dengan seluruh gubernur dan bupati/wali kota yang jumlahnya mencapai 1.000 orang. “Kalau itu tidak mungkin diadakan di Kemendagri karena memang tidak ada ruangan yang cukup untuk menampung mereka,” sebut Kalla

Hal senada diungkapkan Menteri PAN dan RB Yuddy Chrisnandi. Yuddy menerangkan, Kemenpan tengah menyiapkan draft Inpres penghentian rapat di hotel. “Kita juga akan sampaikan ke Pemda. Kalau masih ada yang bandel ya keterlaluan,” sebut Yuddy.

Sumber