PDIP Sebut Ada yang Minta Jatah Menteri ke Jokowi

PDIP Sebut Ada yang Minta Jatah Menteri ke Jokowi

Jakarta: Politikus PDI Perjuangan Aria Bima mengatakan ada beberpa pihak yang meminta jatah menteri. Namun ia tak menyebut siapa sosok itu. Ia hanya bilang, hal itu terjadi usai sidang paripurna kelima pada Selasa (21/10/2014).

“Bahkan saya ditanya, ada yang minta jatah menteri. Tak buka saja sekalian,” kata Aria dalam sidang paripurna penetapan alat kelengkapan dewan (AKD) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (23/10/2014).

Hal ini diungkapkan Aria setelah sebelumnya ia mengusulkan agar pimpinan rapat melobi untuk membahas jatah kursi pimpinan AKD. Ia juga mengaku telah bertemu dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Agus Hermanto untuk menginisasi lobi tersebut.

“Saya tanya Fahri di kamar mandi, inisiasi dong biar ada pertemuan (lobi), Pak Agus juga saya tanya,” kata dia.

Sampai saat ini, Fraksi PDIP belum juga menyerahkan nama anggota mereka untuk dimasukan ke dalam AKD. Empat fraksi lain, Nasdem, Hanura, PKB, dan PPP juga demikian.

PDIP, kata Aria, sebenarnya telah menyusun komposisi anggotanya yang akan diletakkan pada AKD. Namun, ia menilai hal ini akan terkendala dengan proses penetapan pimpinan AKD.

Ia meminta agar sebaiknya dilakukan lobi untuk membagi jatah pimpinan AKD. “Kalau cuma setor nama mudah sekali, di kantong ini pak, sudah di kantong. Saya minta pimpinan untuk menginisasi terlebih dahulu agar ada musyawarah mufakat. Kita bicara berapa-berapa supaya bisa jalan,” ketus dia.

Sumber