Menteri ESDM Temui Jokowi Kemarin, Bahas Soal SKK Migas

menteri esdmJakarta -Menteri ESDM Arcandra Tahar kemarin sore ke Istana untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan yang berlangsung tertutup itu dikabarkan membahas pergantian Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Saat ditemui di Kementerian ESDM siang ini, Arcandra membenarkan bahwa pertemuannya dengan Jokowi kemarin terkait dengan SKK Migas. Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan memanggil Komite Pengawas SKK Migas.

“Akan ada meeting Komite Pengawas SKK Migas secepatnya, membahas isu-isu strategis, macam-macam,” kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Dia tak menampik bahwa salah satu yang akan dibahas dengan Komite Pengawas SKK Migas adalah pergantian Kepala SKK Migas.

“Nah itu teman-teman wartawan lebih tahu,” ujarnya.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi memang belakangan santer diberitakan akan segera diganti pasca lengsernya Sudirman Said dari jabatan Menteri ESDM.

Berdasarkan catatan yang dikumpulkan detikFinance, Amien yang diangkat menjadi Kepala SKK Migas pada 21 November 2014 melakukan beberapa terobosan selama menjalankan tugasnya hampir 2 tahun terakhir.

Pertama, Amien menghentikan sewa ruangan mewah untuk Kepala SKK Migas yang luasnya setengah lapangan bola. Kebijakan ini dilakukan oleh SKK Migas, untuk penghematan anggaran biaya operasional.

Ada 2 lantai ruangan di Wisma Mulia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta yang tidak diperpanjang. Pertama adalah lantai 40, yang sempat mengundang kontroversi karena sangat luas, sekitar setengah lapangan bola.

Di tempat dengan luas total sekitar 3.000 meter persegi itu, terdapat fasilitas lengkap mulai dari bathtub sampai home theater.

Lalu ada juga lantai 21 yang tidak diperpanjang sewanya oleh SKK Migas. Pegawai yang berada di lantai yang tidak diperpanjang tersebut akan dipindahkan ruangannya.

Selain itu, Amien juga melakukan reorganisasi, merombak pejabat di SKK Migas untuk membuat birokrasi menjadi lebih cepat, transparan, dan akuntabel.

Amien sejak awal ingin menata kembali lembaga yang mengurusi sektor hulu migas tersebut. Pada awal Desember 2014, Amien memecat 2 pegawai SKK Migas. Kemudian pada Januari 2015 dia mengusulkan pencopotan Johanes Widjonarko dari jabatan Wakil Kepala SKK Migas.

Kini Darmawan Prasodjo, ekonom energi yang juga politisi PDI-P, disebut oleh sumber di pemerintahan sebagai calon pengganti Amien Sunaryadi.

(ang/ang)

15 Comments

  1. Kalau Indonesia mau maju, ya kita harus memanfaatkan tenaga ahli asal Indonesia yang sudah sukses di mancanegara. Seperti Arcandra. Itu yang sudah sukses dilakukan oleh China sehingga sekarang maju menyaingi semua negara maju. Mereka tidak dipusingkan oleh masalah kertas (paspor). mereka melihat darah orang itu, melihat jiwa didalamnya yang ingin menyumbangkan dirinya untuk bangsanya. Soal administrasi, soal kertas dapat dibereskan sekejap mata. Soal jiwa itulah yang penting.
    Kalau kita masih dipusingkan oleh soal kertas dan melupakan jiwa , MAKA KITA AKAN TERUS MENJADI BANGSA YANG KERDIL. Orang2 Indonesia yang pandai yang ada di luar negeri akan kabur semua melihat bangsa kita memperlakukan putra2 terbaiknya yang ingin mengabdikan diri untuk bangsanya.

  2. Banyak sekali manusia yang ingin memcah persatuan indonesia.
    Diantaranya menggunakan media sosial dengan berita yang tidak benar
    diantaranya

    Hati-hati kita sebagai bangsa Indonesia, yang banyak suku dan agama
    jangan mau di pecah belah.

    kita cuma punya 1 yaitu asas BHINEKA TUNGGAL IKA

    MERDEKA

    Terindikasi

    http://suaranasional.com/

  3. Banyak sekali manusia yang ingin memcah persatuan indonesia.
    Diantaranya menggunakan media sosial dengan berita yang tidak benar
    diantaranya

    Hati-hati kita sebagai bangsa Indonesia, yang banyak suku dan agama
    jangan mau di pecah belah.

    kita cuma punya 1 yaitu asas BHINEKA TUNGGAL IKA

    MERDEKA

    Terindikasi

    http://suaranasional.com/

    TOLONG di periksa , Terima kasih

    • This sucks, I now cant watch MOST of my favourite music vids. Its getting pretty annoying. Surely this is going to lose you tube a whole lot of fans in the UK. Cant say i blame You tube though, Greedy music industry for you. But why is this mainly affecting the UK ?

    • Too add to what NC and Carlos are posting, Why is it that elected Republicans cannot figure out that those of us who vote for them, are the WORKING folk in America. For the most part, we aren’t looking for the easiest way to get a free ride. We have a sense of pride at the end of a day, knowing that it is a job well done. We know that if we save our employers a dime, it could translate into a million. We work hard for our paychecks, and we expect that same attitude from our elected “leadership”. How hard is this to figure out??? Lorica

  4. Salam bpk jokowi….
    Mengingat pentingnya pemberdayaan esdeem indonesia…
    Disini saya memohon dg sangat kepedulian bpk kpd kami individu difabel.jrn tdk menutupi kenyataan bahwa kami adalah bagian rakyat dibawah pimpinan bpk.
    Untuk itu dlm raangka merayakan hari penyandang cacat sedunia yg jatuh pada tgl 3 desember , selaku panitia penggalangan dana peduli disabilitas wilatah provinsi kalsel (binuang-tapin)
    Memohon kpd bpk untuk memberi dana oprasional untuk membangun wadah pemberdayaan remaja difabel yg lulus sekolah dan putus sekolah sebesae @Rp. 300juta
    Dana tersebut akan di gunakan utk pembangunan panti sbg sentral pelatihan kerja.
    Sekian. Mohon di perhatikan. .. Trimakasih

  5. klo bisa, pemerintah menekan/memporsi masuknya jumlah kendaraan yang di impor ke indonesia,pasti bisa menekan pengeluaran subsidi bahan bakar.. seiring kemajuan jaman kepemilikan kendaraan sudah menjadi trend gaya hidup, bukan dimanfaatkan untuk transportasi yg sebenarnya.. jadi transportasi umum tidak di manfaatkan, dengan alasan, demi kemanan dan kenyamana dan lebih ekonomis..

Leave a Reply

Your email address will not be published.