Mendagri Apresiasi Pemprov Riau Setop Pengadaan Mobil Mewah

Mendagri Apresiasi Pemprov Riau Setop Pengadaan Mobil Mewah

Jakarta: Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Riau menekan anggaran belanja daerah, dengan menghentikan pengadaan mobil dinas mewah bagi seluruh anggota DPRD Provinsi Riau hingga, sebesar Rp70 miliar.

Pengadaan mobil dinas mewah bagi pejabat eselon 2 dan 3 Pemprov Riau juga turut disetop. Menurut Tjahjo hal ini sudah seusai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar penyelenggara negara menghemat anggaran yang ada.

Mantan Sekjen PDI perjuangan ini, Kamis (6/11/2014), mengatakan kementeriannya akan membuat kebijakan ini agar diikuti oleh pemprov dan pemda di seluruh wilayah Indonesia. Tjahjo juga mengimbau agar mobil dinas penyelenggara negara yang masih wajar, harganya bisa dibawah Rp400juta per unit mobil.

Tjahjo mengungkap dana dari penghematan ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan ekonomi dan percepatan pembangunan daerah melalui pengadaan infrastruktur dasar, atau pemberian bantuan bagi petani dan nelayan di daerah.

Sebelumnya, program pengadaan mobil mewah ini telah dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2014 Provinsi Riau senilai Rp70 miliar. Dalam anggaran tersebut mobil dinas nantinya akan di peruntukkan bagi Ketua DPRD Riau yang mendapat 2 mobil mewah, yakni Toyota Land Cruiser dan Toyota Crown senilai Rp4,9 miliar. Sementara untuk mobil Ketua DPRD yang lama juga belum ditarik dan masih layak untuk dipakai.

Selain Ketua DPRD, 54 anggota DPRD lainnya juga akan mendapatkan mobil jenis SUV yang pagu anggarannya masing-masing berkisar Rp400 juta dengan status pinjam pakai. Ketua DPRD Riau beralasan pengadaan fasilitas mobil dinas untuk pejabat diperbolehkan untuk mendukung kinerja mereka agar lebih maksimal.

Sumber