Lebak tak Lagi Daerah Tertinggal pada 2015

Lebak tak Lagi Daerah Tertinggal pada 2015

Lebak: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT), Marwan Jafar menegaskan Kabupaten Lebak bisa keluar dari daftar daerah tertinggal di Indonesia pada tahun 2015. Untuk itu, Marwan menghimbau supaya pemerintah pusat dan provinsi dapat memberikan perhatian bagi Kabupaten Lebak ini.

“Lebak ini daerah tertinggal, tapi tahun 2015 sudah bisa mengentas dari daerah tertinggal,” kata dia di Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten (4/11/2014).

Marwan menegaskan kembali bahwa KDPDTT merupakan kementerian koordinator yang bisa bekerjasama dengan kementerian apaapun. Bahkan, KDPDTT bisa bekerja sama dengan 17 kementerian yang ada.

Sebagai contoh, untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Lebak KDPDTT dapat bekerjasama dengan Kementerian Pertanian. Begitu juga dengan kementerian yang lain, yang bisa meningkatkan pembangunan daerah tertinggal.

“Kebiasan kepala daerah selalu bilang, bila daerahnya tertinggal malu,” imbuh Marwan.

Butuh keberanian bagi kepala daerah untuk mengatakan bahwa daerahnya tertinggal. Hal ini menjadi penting. Pemerintah pusat langsung bisa bertindak dengan mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Nantinya, pemerintah akan memfokuskan kepada pembangunan desa-desa tertinggal dalam program kerja yang diusung oleh KDPDTT kedepannya. “Kita akan fokus pembangunan di desa,” pungkas Marwan.

Sumber