KPU masih Tunggu Jawaban Presiden

KPU masih Tunggu Jawaban Presiden

KOMISI Pemilihan Umum hingga kemarin belum mendapatkan surat balasan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait permintaan penangguhan pelantikan terhadap tiga calon anggota DPR terpilih yang terlibat kasus korupsi.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan jawaban dari Presiden sehingga kami belum tahu sikapnya terhadap mereka (tiga caleg terpilih),” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam rapat pleno penghitungan ulang perolehan suara Pileg 2014 pascaputusan MK. di Jakarta, kemarin.

Dia mengatakan pihaknya telah mengirimkan dua surat berisi nama-nama anggota DPR terpilih untuk diterbitkan surat keputusan peresmian sebagai anggota dewan periode 2014-2019. Surat pertama berisi 555 nama calon anggota terpilih, termasuk 3 nama yang terjerat kasus korupsi, yakni mantan Sekretaris Majelis Tinggi Demokrat Jero Wacik, dan 2 kader PDIP Idham Sa-mawidan Herdian Koosnadi.

“Nama-nama anggota DPR terpilih yang menjadi tersangka sampai sekarang ada tiga 1 dari Partai Demokrat dan 2 dari PDIP. Kami minta Presiden untuk menangguhkan pelantikan sampai proses hukum selesai,” pinta Husni.

Surat kedua berisi dua nama caleg DPR terpilih yang diganti oleh partai pengusung. Sementara itu. terkait tiga nama calon anggota DPR terpilih yang belum diserahkan ke Sekretariat Negara merupakan hasil perbaikan dari pemungutan suara ulang di daerah pemilihan Maluku Utara pascaputusan MK.

“Dari tiga putusan MK yang kita tindak lanjuti rekapitulasinya hari ini, terjadi koreksi di Dapil Maluku Utara untuk calon anggota DPR terpilih. Koreksi itu dilakukan setelah MK mengeluarkan putusan atas gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU),” papar Husni.

Setelah merekapitulasi ulang perolehan suara di tiga dapil, yakni Dapil Maluku Utara dan Sumsel 1 untuk pemilihan anggota DPR RI, serta Dapil Maluku untuk pemilihan anggota DPD, terjadi perubahan perolehan kursi parpol peserta pemilu.

“Ada tiga putusan MK yang ditindaklanjuti dan terjadi koreksi di Dapil Maluku Utara untuk calon anggota DPR RI. Ketika ditetapkan pada Mei lalu, kursi diraih PDIP, Golkar, dan PAN. Setelah rekapitulasi ulang, yang mendapat kursi di dapil itu ialah PDIP, Golkar, dan Partai NasDem,” jelas Husni.