Kisruh DPR Bukti Kurangnya Sifat Kenegarawanan

Kisruh DPR Bukti Kurangnya Sifat Kenegarawanan

Jakarta: DPR kian terbelah dengan adanya pimpinan tandingan dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Analis politik Niko Harjanto menilai apa yang tengah dipertontonkan wakil rakyat itu sama sekali tidak mencerminkan sifat kenegarawanan.

“Ini adalah nilai politik yang sedang kita lihat saat pimpinan dewan hanya mengakui kepentingan kelompoknya sendiri. Ini mencerminkan sifat partisan yang hanya mengakui orang yang ada dalam kelompoknya dan mengabaikan yang tidak sejalan,” katanya dalam Primetime News Metro TV, Kamis (30/10/2014).

Menurutnya pimpinan DPR yang telah terpilih tidak menjalankan fungsinya sebagai wadah bertemunya beragam kepentingan fraksi yang ada. Oleh karena itu, kunci penyelesaian kisruh DPR ini sepenuhnya ada di tangan pimpinan dewan yang dikuasai oleh Koalisi Merah Putih.

“Sekarang kunci ada di pimpinan DPR apakah mau untuk menunjukan sikap kenegarawanan. Pimpinan itu seharusnya lepas dari kepentingan partai, ia bersifat netral. Jadi bisa menjembatani perbedaan kepentingan di dewan untuk dicari titik temunya,” ungkapnya.

Sumber