Kemensos Hibahkan Rp30,6 M untuk Daerah

Kemensos Hibahkan Rp30,6 M untuk Daerah

Jakarta: Kementerian Sosial menghibahkan Rp30,6 miliar kepada daerah. Hibah berupa Barang Milik Negara (BMN) adalah berupa aset tetap renovasi gedung dan bangunan, kendaraan dan peralatan pada Dinas Sosial provinsi dengan nilai total perolehan seluruhnya Rp30.600.972.610.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk optimalisasi berbagai barang diperlukan untuk mendukung kinerja dan sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kemensos akan menghibahkan BMN yang perolehannya diambil dari dana dekonsentrasi dan tugas bantuan kepada 32 pemerintah provinsi melalui Dinas Sosial.

“Tahun ini, Kemensos akan segera menghibahkan BMN kepada 32 pemprov yang diperoleh dari dana dekonstruksid dan tugas perbantuan,” kata Sekretaris Jenderal Kemensos Toto Utomo Budi Santosa di Jakarta, Kamis, 30 Oktober 2014 malam, dalan rilis yang diterima Media Indonesia.

Toto mengatakan penandatangan naskah hibah dan berita acara serah terima hibah antara Kemensos akan diwakili oleh sekjen dengan pemprov melalui Kepala Dinas Sosial pada 3 November mendatang.

Pengelolaan BMN merupakan hal penting untuk ditingkatkan efektivitas dan akuntabilitasnya. Perubahan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 27 tahun 2014 menandai perhatian pemerintah pada kerangka pengelolaan Barang Milik Negara/Barang Milik Daerah yang komprehensif.

Dengan adanya perubahan peraturan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan sinergitas antara pengelola barang dan pengguna barang dalam mengelola BMN yang lebih baik, tertib, transparan, dan akuntabel.

Sumber