JK Puji Kemampuan Rwanda Atasi Konflik Internal

JK Puji Kemampuan Rwanda Atasi Konflik Internal

Jakarta: Selepas pertemuan dengan Presiden Republik Rwanda Paul Kagame, Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji bagaimana Republik Rwanda bisa menyelesaikan konflik di daerah mereka. Menurutnya, Indonesia dapat belajar dari kejadian itu.

“Rwanda itu terkenal karena konflik, tapi dia bisa selesaikan dengan baik,” kata JK selepas pertemuan di Kantor Wakil Presiden, Komplek Istana, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014).

Oleh karena itu, kata JK, Indonesia dapat belajar bagaimana menyelesaikan konflik seperti yang dilakukan Republik Rwanda. Tidak hanya menyelesaikan konflik, tambah JK, Republik Rwanda juga membuat perbaikan di beberapa bidang setelah konflik terjadi. “Kita juga bisa belajar how to solve the conflict and making progress after that,” kata JK.

Karena alasan itu, JK mengatakan betapa pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan negara tetangga dan juga negara-negara yang berasal dari belahan timur Afrika.

Sebelumnya, Paul Kagame mengaku salah satu tujuan kedatangannya ke Indonesia untuk menemui Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Selain itu, tambah dia, kunjungan perdana ke Indonesia ini juga membawa rencana untuk meningkatkan kerjasama kedua negara dalam bidang perdaganan, kebudayaan, dan pendidikan.

Sumber