Empat Orang akan Diberikan Gelar Pahlawan oleh Presiden

Empat Orang akan Diberikan Gelar Pahlawan oleh Presiden

Jakarta: Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memberikan gelar pahlawan kepada empat orang yang dianggap telah berjasa bagi Indonesia. Penganugerahan gelar tersebut akan dilakukan di Istana Negara, pada Jumat (7/11/2014).

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, empat orang tersebut adalah Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, Sukarni Kartodiwirjo, Mayjen HR Mohammad Mangundiprojo dan KH Abdul Wahab Hasbullah.

“Keempat nama tersebut sudah disetujui di rapat pleno dewan gelar pahlawan nasional,” jelasnya pada Jumat (7/11/2014).

Sebelumnya, Mensos juga memberikan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok sebesar Rp55 juta kepada ratusan veteran yang tinggal di Wisma Seroja, Bekasi Utara. Sebanyak 223 veteran Seroja nantinya akan mendapatkan bantuan bahan pokok dari Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial (K2KS) Kemensos.

Operasi Seroja sendiri merupakan operasi militer dari pemerintah untuk menginvasi Timor Timur (yang sekarang disebut Timor Leste) pada 1975. Pasukan militer Indonesia menyerbu Timor Timur karena desakan Amerika Serikat dan Australia untuk segera menyingkirkan Fretilin yang berpaham komunis.

Sumber