Dijamu Kaisar, Presiden Jokowi Nikmati Pemandangan Ikan Koi

1317391eka-426780x390

Presiden Joko Widodo mengawali kunjungan kenegaraannya di Jepang, Senin (23/3/2015) siang, dengan bertemu Kaisar Jepang Akihito di Istana Kaisar atau Imperial Palace, Tokyo, Jepang.

Dalam kunjungan kehormatan itu, Presiden Jokowi dan Ny Iriana Jokowi juga dijamu santap siang oleh Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko. Presiden Jokowi dan Ny Iriana tiba di Imperial Palace sekitar pukul 11.40 waktu setempat, disambut Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko.

Ikut mendampingi dalam rombongan Presiden, Menlu Retno LP Marsudi, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri BUMN Rini Soemarno, Seskab Andi Widjajanto, dan Kepala BKPM Franky Sibarani.

Sebelum pertemuan, Presiden sempat menyampaikan kepada wartawan, bahwa pertemuan dengan Kaisar Akihito akan lebih banyak membicarakan masalah sosial serta biota laut. “Beliau (Kaisar Akihito) memang punya perhatian khusus terhadap biologi, biota laut,” kata Presiden sebelum menuju Istana Kaisar.

Selain itu, menurut Presiden, akan dibicarakan pula masalah budaya dan seni. “Tidak ada hal yang serius (yang dibicarakan) seperti ekonomi dan lain-lain,” kata Presiden lagi.

Usai pertemuan, Presiden dan Ny Iriana dijamu santap siang oleh Kaisar. Selesai santap siang, Presiden diajak melihat ikan koi di kompleks Istana Kaisar.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan Presiden bersama Kaisar masih berlangsung.

Selepas bertemu Kaisar, Presiden dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Shinzo Abe di Kantor Predana Menteri. Di sana Presiden disambut dengan upacara kenegaraan. Selanjutnya Presiden dan rombongan melakukan pertemuan bilateral, serta ditutup dengan jamuan santap malam kenegaraan di kediaman PM Abe.