Di Hadapan 100 CEO, Presiden Jokowi Keluhkan Soal Perizinan

Di Hadapan 100 CEO, Presiden Jokowi Keluhkan Soal Perizinan

Jakarta: Presiden Joko Widodo mengaku kesal karena pengurusan perizinan untuk pembangunan infrastruktur penting seperti pembangkit listrik di sejumlah daerah di Tanah Air membutuhkan waktu yang lama hingga bertahun-tahun.

“Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin pernah mengatakan perizinan power plant sudah dua tahun tidak jadi-jadi. Saya sudah jengkel,” kata Presiden Jokowi saat membuka acara CEO Forum Kompas di Jakarta, Jumat (7/2014).

Menurut Presiden, Gubernur Sumsel saat itu mengungkapkan ada pengusaha yang mengurus izin investasi pembangkit listrik selama dua tahun dan itu tidak selesai-selesai.

Presiden Jokowi juga menyesalkan mengenai proses perizinan yang bertele-tele. Namun, menurutnya sekarang masalah perizinan bisa dituntaskan dalam waktu dua hari.

“Sekarang sudah kita selesaikan hanya dua hari. Mengenai perizinan ini sebenarnya hanya masalah niat dan kemauan mau atau tidak,” ucapnya.

Menurut Jokowi yang pernah menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu, dirinya mengetahui bahwa untuk mengurus perizinan membutuhkan banyak hal. “Saya tahu di dalamnya amplopnya tebal. Tidak boleh lagi seperti ini terus-terusan,” kata Presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga pernah melakukan inspeksi mendadak ke kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk melihat layanan proses perizinan. Namun, Jokowi menyesalkan karena kinerja pelayanan untuk investasi di Tanah Air dinilai masih lambat dan belum terintegrasi dengan baik.

Sumber