Cegah Korupsi, MenPAN-RB Segera Terapkan Sistem Integritas Nasional

Cegah Korupsi, MenPAN-RB Segera Terapkan Sistem Integritas Nasional

Jakarta: Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, siap menerapkan Sistem Integritas Nasional (SIN) sebagai upaya preventif terhadap korupsi. Sistem itu sebelumnya sudah diserahkan Komisi Pemberantasan Korupsi ke Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian PAN-RB.

“Dalam upaya preventif mencegah pidana korupsi, akan kita tindaklanjuti. Tadi disinggung secara umum bagaimana setiap kementerian ini harus memiliki zona integritas,” ujar Yuddy seusai melaporkan LHKPN di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (5/11/2014).

Menurut Yuddy, sudah ada 215 lembaga yang menerapkan zona integritas. Kedepan, kata dia, zona integritas akan diperluas ke lembaga lainnya. “Kami Kemenpan akan gandeng KPK untuk perluas zona integritas tidak hanya bebas korupsi tapi integritas pribadi dan pelayanan pada publik yang lebih baik. jadi itu otomatis akan kita lakukan,” imbuh dia.

Disinggung soal briefing yang akan diberikan KPK kepada menteri Kabinet Kerja, Yuddy membenarkan. Dia bilang, Presiden Joko Widodo tengah mencari waktu yang tepat untuk menggelar briefing pencegahan korupsi.

“Saya yakin bapak Presiden sedang cari waktu tepat untuk undang KPK bersama para menteri. KPK mungkin menyampaikan gagasan, pandangan-pandangan, dan sarannya untuk melakukan upaya pencegahan dan penindakan korupsi yang efektif di seluruh kementerian,” tegas Yuddy.

Sumber