Berikut Kriteria Jaksa Agung Idaman Wapres JK

Berikut Kriteria Jaksa Agung Idaman Wapres JK

Jakarta: Hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menetapkan sosok Jaksa Agung yang baru. Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) memiliki beberapa kriteria untuk calon Jaksa Agung.

“Sesuai fungsinya, Jaksa Agung itu kan ialah menyidik dan menuntut orang dan menegakkan hukum,” kata JK kepada wartawan di Kantor Wapres, Komplek Istana, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (3/11/2014).

JK berharap sosok Jaksa Agung yang baru dapat menjalankan tugas itu secara baik, dan dapat mewakili Indonesia. “Itulah Jaksa Agung yang baek,” tambah pria asal Makasar itu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan mengatakan calon-calon yang akan mengisi posisi Jaksa Agung masih digodok Presiden Jokowi. Kata dia, banyak masukan nama-nama yang pantas mengisi posisi Jaksa Agung diterima Jokowi.

Ada beberapa nama yang disebut calon terkuat jaksa agung yang beredar di kalangan media. Mereka adalah, mantan Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Marwan Effendy, Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto, Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Widyo Pramono dan Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) M Yusuf. Ada juga nama HM Prasetyo, mantan jaksa yang kini menjadi politisi.

Sumber