Arcandra Tahar, Lulusan ITB Pemilik 3 Paten Bakal Teruskan Tugas Sudirman Said

arcandra tahar menteri esdmJakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said kabarnya akan digantikan oleh Arcandra Tahar. Tak banyak sumber yang mengulas tentang sosok pengganti Sudirman ini yang saat ini menjabat presiden perusahaan Petroneering di Houston, AS, ini.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2016), Candra menyelesaikan studi S1 di Teknik Mesin ITB (1989 -1994). Kemudian dia mendapat beasiswa di Texas A&M Universities pada jurusan Teknik Kelautan hingga meraih gelar master (1996 – 1998) dan doktor (1998 – 2001).

Candra memiliki pengalaman selama 14 tahun di lapangan dalam bidang hidrodinamika dan teknik offshore. Candra memiliki 3 paten yang berkaitan dengan offshore seperti teknologi McT (Multi Column TLP) Floating Platform dan menjadi salah satu yang memperkenalkan standar hidrodinamika untuk industri.

Dia selama ini tinggal di Amerika Serikat, tetapi sering memberikan materi di Indonesia. Salah satunya pada tahun 2014 dia menjadi salah satu pembicara dalam persiapan Pertamina EP untuk mengoptimalkan lapangan offshore L-Parigi.

Selama ini nama profesional berusia 45 tahun ini tak pernah terdengar masuk bursa menteri hasil reshuffle, sehingga penyebutan namanya di detik-detik terakhir cukup mengejutkan.

Sementara itu, selama menjabat menteri, Sudirman Said tercatat gencar memburu para mafia migas. Akankah Candra bisa melanjutkan kiprah Sudirman?

2 Comments

  1. Assalamualikum pak jokowi maaf ganggu kesibukan bapak jokowi saya sebagai masyarakat menengah ke bawah memberikan komentar tentang pembuatan SIM (surat izin berkendara) untuk buat surat itu saja skrng mencapai 700rb pak kalau saya di tilang saya hanya bisa menjawab saya tidak punya sampai 700rb untuk buat SIM, memang benar ada yg murni dan lulus tanpa bayar tetapi ada saja oknum yg ingin sekali tetap bayar uang dengan jumlah tsb, tolong pak semoga curahan hati ini bisa di dengar dan di koreksi bukan hanya sekadar materi tetapi praktik di lapangan pak, terima kasih banyak semoga curahan hati saya bisa di tanggapi pak wasalammualikum WRB

Leave a Reply

Your email address will not be published.